Codeigniter Tutorial - membuat toko online (ecommerce) sederhana 2. Halaman Login part 1

    Bertemu lagi dengan saya anak perantauan. Pada Tutorial CodeIgniter ini kita masuk pada pertemuan 2 dalam program kita untuk membuat toko online sederharna. Setelah pada pertemuan pertama kita menginstalasi CodeIgniter, maka pada Tutotorial CodeIgniter di pertemuan ini kita akan melanjutkan proyek dengan membuat halaman login.

1. Membuat database
    hal yang paling pertama yang harus dilakukan dalam membuat proyek kita yaitu toko online adalah dengan membuat Database. anda dapat mendesain database sesuai dengan keinginan sendiri. disini saya tidak membahas bagaimana cara membuat tabel secara keselurahan. tetapi kita membuat tabel sesuai dengan yang dibutuhkan pertutorial. karena pada pertemuan ini kita membahas mengenai cara membuat halaman login. maka tabel yang dibutuhkan adalah tabel user.
   
     - Membuat tabel User untuk Toko Online .
        Pertama Buka web browser, kemudian buka phpmyadmin dengan mengetikan : localhost/phpmyadmin pada webrowser. maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :

PhpMyadmin


   kemudian Klik pada tab database dan buat database dengan nama "Online Store". Setelah itu masuk kedatabase online store dan buat tabel dengan nama "user".
tabel user yang kita buat terdiri dari 5 field yaitu :

  • Id varchar(4), primary key, auto increament/ ai.
  • Nama varchar(25).
  • Email varchar(35)
  • password varchar (100).
  • level varchar (1).
  Setelah membuat tabel user. buka folder "onlinestore" yang berada pada folder htdocs(xampp)/ www(wampp). atau bisa juga langsung membukanya dari text editor. saya menggunakan text editor sublime text. untuk membuka folder dari text editor sublime text : klik file -> open folder -> pilih file yang ingin dibuka.





1 komentar:

Internet use has grown and spread during the last decade. With the fame and widespread usage of Internet this new trend in ecommerce business is spreading like wild fire and has a pivotal role in global economy. Dropshipping from amazon

Balas