Tutorial CodeIgniter : Aplikasi Toko Online dengan CodeIgniter dan Bootstrap

      Toko online saat ini sedang hangat - hangatnya dibicarakan oleh masyarakat, berbelanja di toko online saat  ini sangat disukai oleh orang- orang, bukan hanya di Indonesia bahkan diseluruh duniapun toko online sudah sangat - sangat populer. orang - orang sudah malas pergi kepasar. alasannya adalah Jauh, panas, macet, berdesak - desakan dan lain sebagainya. sedangkan jika berbelanja di toko online kita hanya perlu membuka komputer atau smarthone kita, kemudian kita bebas memilih barang - barang yang kita inginkan. dan membayarnyapun bisa dilkakukan dari rumah. semua terasa mudah bila berbelanja di toko online.

      Dengan begitu populernya toko online kita sebagai seorang atau calon programmer harus menggunakan peluang ini dengan sebaik- baiknya. karena dengan semakin tingginya tren toko online maka akan semakin banyak toko online yang akan bermunculan kedunia ini, khususnya dunia maya dunia dimana kita bertemu saat ini. dan peluang kita untuk mendapatkan sebuah job atau pekerjaan akan semakin besar.

         Sebagai seorang pemula didunia pemrograman memang akan sangat terasa sulit untuk membuat sebuah program. apalagi yang sedang duduk di bangku sekolahan atau kuliahan. saat sang dosen/guru memberikan kita tugas untuk membuat sebuah program maka itu akan menjadi sebuah malapeka buat kita, dunia akan terasa berguncang, dan seakan negara api datang menyerang. badan akan terasa panas, kepala pusing, dan badan menggigil. (#lebay)

         Salah satu program yang dapat kita buat adalah sebuah toko online. dimana saya juga membuat toko online saat saya diberikan tugas oleh dosen kala itu. saya membuat toko online menggunakan Framework CodeIgniter dan juga Twitter bootstrap. 

         Kenapa saya menggunakan Framework Codeigniter pada aplikasi toko online saya?, karena CodeIgniter adalah sebuah framework php yang sangat mudah untuk dipelajari, selain itu pada framework CodeIgniter banyak terdapat library dan plugin plugin yang sudah siap untuk digunakan. Tutorial tentang CodeIgniter juga banyak terdapat di Internet.

         Pada artikel ini saya tidak akan membagikan tutorial tentang CodeIgniter. Bagi yang juga ingin membuat sebuah program toko online dan ingin mencari referensi untuk membuat toko online dapat mendownloadnya disini

jika ada kendala dalam menjalan program yang didownload dapat menghubungi  saya atau tinggalkan komentar, insya allah akan saya bantu.

Link Yang Ada Databasenya  Silakan



24 komentar

databasenya minta bang apa aja entitasnya?

Balas

Nanti akan saya sertakan dalam link download-nya

Balas

kak databasenya kok g ada? tlong sertakan dong kak

Balas

kalau template bootstrapnya ingin diganti gimana caranya mas?

Balas

untuk mengganti template-nya anda harus mengerti bahasa html gan!

Balas

databasenya kok gak ada mas ?

Balas

database not found

Balas

mana databasenya?

Balas

mas daniel ayolah share databasenya

Balas

iya,, nanti saya kirim kalau file db nya sudah ketemu,, mohon maaf ya respon nya lama

Balas

itu pake codeigniter 2 atau 3 kang ?

Balas

codeigniter 2

Balas

permalink untuk relasi antar tabel ya???

Balas

izin sedot bang daniel, btw untuk masuk ke dashboard adminnya apa ya bang?Makasih banyak ya.

Balas

Terima kasih atas Tutorial nya sangat membantu, ijin copas ya om untuk script nya,,, buat tugas... he he he...

Balas

terima kasih, kang cara masuk ke back-end nya gimana ya ?

Balas

:))

Balas

untuk masuk admin sama sama kang, cuma dibedakan berdasarkan hak akses user aja

Balas

silahkan,, semoga bermanfaat

Balas

pas update produknya ko ga masuk ke database, mohon pencerahaannya

Balas

gan db.kustomernya gk ada ya ? minta penjelesannya dong isi column nya apa aja untuk yg db.kustomer,
trus sama klo untuk cartnya jika user logout dan login kembali, itu kok cart shopnya kembali 0 lagi ya ?

Balas

table kustomer ada gan, kalau untuk cart-nya, jika ingin saya hanya menyimpan dan di session, jadi saat user logout maka cart-nya akan kosong kembali. jika agann ingin disaat user logout cart-nya tetap tersimpan maka agan harus membuat sebuah tabel cart/keranjang untuk menyimpan data cart-nya gan.

Balas

MANTAF dah ijin sedot gan :D

Balas

Mas daniel,, tabel kustomernya nga' ada mas...

Balas